Resep Gado-Gado Spesial Paling Enak Khas Jawa Timur yang Menggoyang Lidah


Gado-Gado – Buat para pecinta kuliner sayuran dan bumbu kacang tentunya akan tergiur dengan masakan yang satu ini yaitu gado-gado. Resep gado-gado spesial paling enak berasal dari berbagai bahan baku berupa sayuran, tahu, tempe yang dicampur dengan bumbu kacang. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan irisan telur, kentang rebus, kerupuk udang dan bawang goreng.

Kuliner khas Betawi ini seringkali disebut sebagai “Salad khas Indonesia”. Gado-gado bisa langsung dimakan atau bisa juga disajikan bersama nasi atau lontong. Sekarang ini sangat mudah untuk mendapatkan resep gado-gado spesial paling enak dari berbagai media seperti buku resep masakan, internet, acara memasak dan lainnya. Sehingga Anda pun bisa membuat gado-gado sendiri di rumah.




Resep Gado-Gado Spesial Paling Enak


Semua sayuran yang digunakan masih dalam keadaan mentah atau belum dimasak sama sekali. Jenis sayuran yang sering dipakai untuk membuat gado-gado yaitu selada, bunga kol, kacang panjang, mentimun, taoge dan kubis. Sedangkan bahan baku untuk pembuatan saus kacang adala bawang putih, cabai, merica dan garam secukupnya, gula merah, kacang tanah dan air perasan jeruk nipis. Di beberapa tempat, pembuatan bumbu kacang juga ditambahkan kecap, kencur, santan, dan terasi.



Jenis Gado-Gado


Banyak orang yang mengira jika gado-gado hanya satu jenis saja, padahal di beberapa daerah juga ada kuliner gado-gado dengan sedikit perbedaan di dalamnya, baik dari bumbu ataupun bahan bakunya. Berikut ini beberapa macam jenis gad-gado yang ada di Indonesia :

Gado-Gado Surabaya
Tidak seperti gado-gado pada umumnya, gado-gado Surabaya menggunakan bumbu yang encer karena ada tambaan santan dan dibuat terpisah dengan sayurannya. Selain itu, pada penyajiannya menggunakan tomat dan selada yang cukup melimpah. Sedangkan untuk sayurannya sama persis dengan gado-gado lainnya. Rasanya juga sangat gurih dan enak selain itu juga sangat mengenyangkan karena porsi sayurannya cukup banyak.
Gado-Gado Betawi
Kuliner ini sudah sangat terkenal bukan hanya di Jakarta tapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Bumbu kacangnya yang gurih dan sayuran yang padat membuat gado-gado ini terasa sangat nikmat. Pembuatan bumbu kacangnya digabungkan dengan sayuran sehingga bumbu kacang lebih meresap ke dalam sayuran. Sebagai pelengkap, biasanya ditambahkan kerupuk dan taburan bawang goreng.

Gado-Gado Padang
Kuliner Padang terkenal dengan rasa pedasnya yang enak. Begitu pun dengan gado-gado khas padang yang memilik bumbu yang pedas. Bumbunya sedikit encer karena dibuat menggunakan santan dan tambahan bahan baku lainnya. Gado-gado ini bisa disajikan bersama nasi putih atau lontong.

Gado-Gado Bali
Selain terkenal dengan kuliner ayam betutu, ternyata di Bali juga ada kuliner gado-gado loh. Perbedaan dengan gado-gado lainnya adalah pada gado-gado Bali menggunakan sayuran yang direbus dan bumbu halus yang ditumis. Sayuran tersebut dicampurkan pada saat bumbu halus ditumis dan diaduk sampai merata. Rasanya sudah jelas sangat enak dan gurih, aromanya juga sangat harum.



Perbedaan Gado-Gado, Pecel, Lotek dan Karedok

Empat kuliner ini memiliki bentuk dan bahan baku yang hampir mirip. Perbedaannya, pada karedok menggunakan sayuran yang mentah seperti terong, daun kemangi, kacang panjang, tol dan tauge. Sedangkan pada gado-gado menggunakan sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Selain itu, sayuran pada karedok dipotong-potong sebelum dicampurkan dengan bumbunya.

Sedangkan lotek menggunakan sayuran hijau berupa kangkung saja, sedangkan bumbunya tidak jauh berbeda dengan gado-gado. Cara penyajiannya, bumbunya disiram sehingga harus diaduk terlebih dahulu agar tercampur merata dengan sayur kangkungnya.

Pecel hampir mirip dengan gado-gado, semua sayuran yang digunakan juga sama. Perbedaannya terletak pada cara penyajiannya. Jika pada gado-gado bumbunya diulek dan diaduk bersama sayurannya, sedangkan pada pecel bumbunya diolah terlebih dahulu kemudian disiram ke atas sayuran. Selain itu, biasanya pada bumbu kacang pecel dicampur daun jeruk dan penyajiannya dilengkapi rempeyek.

 

Resep Gado-Gado Jawa Timur

Diantara sekian banyak gado-gado, ternyata resep gado-gado Jawa Timur yang paling banyak dicari. Supaya Anda tidak penasaran, berikut ini resepnya :

Bahan Baku
100 gr kacang panjang
250 gr selada keriting
2 buah tomat
50 gr gula merah
100 gr tauge
2 buah mentimun
100 gr kentang
1 papan tempe
5 butir telur ayam
5 buah tahu
500 ml santan kelapa
Kerupuk
Minyak goreng

Bumbu yang Dihaluskan
3 buah cabe rawit
250 gr kacang tanah
5 siung bawang putih
3 lembar daun jeruk purut
1 sendok teh garam
3 sendok makan asam Jawa


Cara Membuat Gado-Gado Jawa Timur
Haluskan semua bahan baku untuk bumbu seperti bawang putih, cabai rawit dan kacang tanah. Pastikan kacang tanah sudah dikupas kulitnya dan disangrai. Kemudian masukkan semua bumbu halus dan santan ke dalam blender. Nyalakan blender dan diamkan hingga semua bahan bumbu tercampur merata. Setelah itu, masukkan 1 sendok teh garam dan irisan gula merah ke dalam bumbu sambil diaduk.

Rebus sayuran dan ayam sampai benar-benar matang, lalu tiriskan air rebusannya. Potong tempe dan tahu lalu goreng. Setelah itu, letakan sayuran, telur, tahu dan tempe diatas piring dan aturlah peletakkannya lalu siram dengan saus bumbu kacang yang sudah dibuat sebelumnya. Gado-gado khas Jawa Timur siap disajikan untuk menggoyang lidah Anda.


Resep gado-gado paling enak yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda coba sendiri, bahan-bahannya juga muda ditemukan di pasar. Selain rasanya yang enak dan lezat, gado-gado juga memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh karena bahan bakunya didominasi oleh sayuran.