Keindahan Gunung Bromo yang Menyimpan Misteri


Gunung Bromo – Gunung yang berada di Jawa Timur ini menawarkan keindahan alam yang sangat memikat. Hamparan padang pasir yang luas, ditambah sejuknya udara pegunungan mampu menarik minat banyak wisatawan, baik itu wisatawan dari dalam ataupun luar negeri. Namun dibalik keindahan Gunung Bromo, tidak sedikit orang yang ingin mengetahui misteri gunung bromo yang sudah tersebar luas seperti cerita mengenai keberadaan istana jin, pasir hisap yang ada di kawasan Bromo, sosok Ki Bromo yang dikenal sebagai penguasa Gunung Bromo, dan lainnya.


Sedikit membahas misteri Gunung Bromo, konon gunung ini merupakan tempat pelarian rakyat dan para pejabat Majapahit ketika kala itu Kerajaan Majapahit mendapat serang dari lawan. Selain menjadi tempat pelarian, mereka juga sangat terkesan dengan keindahan Gunung Bromo sehingga mereka mendirikan pemukiman untuk dijadikan tempat tinggal. Hal ini terbukti dari banyaknya prasasti peninggalan Majapahit yang ditemukan di beberapa titik. Selain itu, gunung ini dikenal memiliki Kerajaan Jin setinggi 18 tingkat yang dibangun oleh Ki Bromo sang penunggu Gunung Bromo. Masyarakat sekitar sangat mempercayai mitos ini, terbukti mereka sering memberikan sesaji yang ditujukan kepada Ki Bromo dan pasukan Jin-nya.



 

 Keindahan Gunung Bromo yang Penuh Misteri



Misteri Pasir Hisap Gunung Bromo

Beberapa kejadian aneh juga pernah diceritakan dan dialami langsung oleh para wisatawan dan masyarakat sekitar atau warga Tengger. Salah satunya adalah tentang pasir hisap Bromo. Menurut cerita yang beredar, jika ada orang yang memiliki niat jahat maka akan dihisap oleh pasir hidup ini. Lokasi pasir hisap berada di padang savana Gunung Bromo yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata, maka dari itu warga tengger memasang pembatas di tempat tersebut.



Pasir hisap sama seperti pusaran air, ketika Anda terhisap ke dalamnya sebaiknya jangan dilawan karena semakin dilawan maka daya hisapnya akan semakin kuat. Warga Tengger menyarankan untuk melemaskan badan sambil mencari pegangan berupa batu untuk menahan hisapannya. Setelah daya hisapnya melemah, barulah angkat tubuh Anda yang terhisap sekuat tenaga.

Wisata Gunung Bromo

Gunung ini berada di 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Malang dan Kabupaten Probolinggo. Ketinggian Gunung Bromo mencapai 2.349 meter di bawah permukaan laut (mdpl). Anda bisa menjelajahi padang pasir yang luas dengan menaiki kuda yang disewakan oleh warga Tengger. Selain itu, masyarakat sekitar juga menyewakan mobil Jeep khusus yang digunakan untuk menaiki puncak gunung yang penuh bebatuan dan pepohonan, sehingga nantinya Anda bisa melihat keindahan Gunung Bromo dari puncaknya.

Lokasi lain yang wajib Anda kunjungi yaitu kawah Gunung Bromo yang memiliki diameter 800 meter. Untuk melihatnya, Anda bisa menaiki tangga yang kalau dihitung jumlahnya sebanyak 250 anak tangga. Namun, bagi yang fisiknya lemah sangat tidak disarankan untuk naik tangga, sebaiknya naik kuda untuk menuju kawah Bromo. Ketika sampai di sisi kawah, perhatikan pembatas yang ada dan jangan pernah sekali-kali untuk melewat pembatas terebut, karena beberapa wisatawan ada yang terpeleset sehingga jatuh ke dalam kawah.

Keindahan alam lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah panorama Sunset atau matahari terbit. Momen ini menjadi tempat favorit pasangan kekasih dan juga para peminat fotografi, dijamin tidak akan menyesal. Namun, untuk melihat sunset Anda harus mendaki ke puncak Bromo terlebih dahulu, biasanya wisatawan mulai mendaki sekitar jam 2 pagi agar tidak ketinggalan panorama sunset.



Rute pendakian Gunung Bromo dimulai dari Desa Ranu Pani . Jika mendaki dengan berjalan kaki maka waktu tempuh sekitar 4 jam hingga sampai ke puncaknya, sedangkan jika menggunakan mobil jeep waktu tempuhnya hanya 2 jam saja. Selama pendakian Anda harus berhati-hati karena banyak semak belukar dan pepohonan yang menutupi jalan. Sebaiknya ajak pemandu jalan atau orang yang sudah mengenal wilayah ini supaya tidak salah jalan ketika mendaki.

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Gunung Rinjani yang Membuat Mata Terpukau


Tiket Masuk Bromo

Terhitung pada Juni 2017, berikut ini harga tiket masuk Gunung Bromo

Wisatawan Domestik
Hari kerja : Rp 27.500
Hari libur : Rp 32.500

Wisatawan Mancanegara
Hari kerja : Rp 217.500
Hari Libur : Rp 317.500


Jika Anda ingin menjelajahi Keindahan Gunung Bromo, sebaiknya pelajari rute perjalanan dan bawa persediaan yang cukup agar wisata alam Anda terasa menyenangkan. Jika Anda ingin bermalam, di sekitar Gunung Bromo terdapat penginapan dengan harga yang cukup terjangkau. Selamat berwisata…!!!