Melirik Pesona Keindahan Pantai Drini di Bibir Gunung Kidul


Pantai Drini - Sebuah pantai yang terletak di bibir Gunung Kidul dengan pemandangan yang sangat eksotik. Air laut yang bening, pasir putih yang halus dan panorama yang indah menjadi magnet yang kuat sehingga mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke pantai ini. Pesona keindahan Pantai Drini sudah tersebar luas ke seluruh Indonesia, bahka hingga ke mancanegara.  Pantai ini memiliki ciri khas berupa pulau kecil yang letaknya tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Lokasi Pantai Drini terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, posisinya tepat di sebelah timur Pantai Sepanjang dan Pantai Barong. Selain itu, pantai ini masih berhubungan dengan beberapa pantai lainnya seperti Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Kukup, dan lainnya. Namun, untuk menjangkau setiap pantai sebaiknya menggunakan kendaraan karena jaraknya cukup jauh.


 

Pesona Keindahan Pantai Drini


Jalan menuju Pantai Drini tidak terlalu sulit, jarak tempuh dari kota Yogyakarta ke pantai ini adalah 60 km dengan waktu sekitar 2-3 jam. Dari Yogyakarta ambil rute menuju Wonosari , lalu ambil jalur menuju Mulo. Jika sudah sampai Mulo, Anda tinggal jalan terus ke arah Pantai Baron, sekitar 1km sebelum Pantai Baron ada pertigaan kemudian belok kiri dan jalan terus sampai ke Pantai Drini.


Flora dan Fauna di Pantai Drini

Ekosistem Pantai Drini terkenal sangat menawan, pantai ini memiliki banyak tumbuhan santigi (Pemphis Acidula) atau biasa disebut Drini, itulah mengapa pantai ini bernama Pantai Drini. Sedangkan spesies ikan yang hidup di pantai ini adalah Jambrong, Goby Pasir dan Sergeant Major. Semua spesies ini bisa Anda lihat di bagian sisi timur pantai ketika menyelam sambil menikmati keindahan alam bawah laut.

Di bagian tengah pantai terdapat pulau kecil yang membagi pantai menjadi dua sisi yaitu barat dan timur. Di sisi barat pantai, terlihat banyak sekali perahu nelayan yang sedang mencai ikan. Di bagian tengah pantai terdapat kumpulan pasir hitam yang sangat halus dipadukan dengan pasir pantai yang putih. Sedangkan, sisi timur pantai terdapat tebing yang berdampingan dengan pulau karang sehingga terlihat lebih terang dan indah, di sisi ini Anda bisa berenang di air laut yang hangat.

Namun, Jika Anda tidak hobi berenang dan menyelam, maka Anda bisa menikmati keindahan laut dari bibir pantai sambil duduk di gazebo. Namun, untuk menempati Gazebo ini Anda harus membayar Rp10.000. Sambil bersantai di gazebo, Anda bisa menikmati es kelapa muda yang menyegarkan dan ditemani beberapa cemilan yang enak.

Baca Juga : Keindahan Gunung Bromo yang Menyimpan Misteri

 

Pengipanan dan Tempat Makan di Pantai Drini

Wisata Pantai Drini selalu diminati banyak wisatwan, baik itu wisatawan domestik ataupun mancanegara. Udaranya yang sejuk, langit yang biru dan air laut yang tenang dapat memberikan ketenangan pada hati dan pikiran. Anda juga bisa main jalan-jalan dan main pasi di tepian pantai. Jika perut mulai lapar, Anda bisa membeli makanan yang tersedia di warung-warung sepanjang tepi pantai, harganya sudah pasti sangat terjangkau. Uniknya, di beberapa tempat makan sepanjang pantai, Ada tempat khusus untuk Anda yang ingin memasak seafood sendiri.


Jika Anda masih merasa betah atau masih ingin menikmati keindahan alam Pantai Drini, maka Anda bisa bermalam di beberapa penginapan yang tersedia di sekitar pantai. Harga penginapannya relatif terjangkau, bahkan ada juga yang murah. Beberapa penginapan yang tersedia diantaranya Penginapan Mutiara, Penginapan Bukit Indah dan Wisma Kampung Drini. Ketiga penginapan ini letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Drini, selain itu model penginapannya juga terbilang klasik dan unik.

 

Harga tiket Masuk Pantai Drini

Pasti Anda sudah tidak sabar kan ingin berwisata ke Pantai Drini, harga tiket masuknya sangat murah yaitu Rp 10.000 per orang. Untuk parkir motor tarifnya Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5000. Harga ini sewaktu-waktu bisa berubah. Harga tiket masuk yang Anda bayarkan tidak seberapa dibandingkan dengan keindahan Pantai Drini yang akan Anda nikmati.


Pantai Drini merupakan tempat yang paling tepat untuk berlibur dan melepas penat dari rutinitas pekerjaan. Ajaklah keluarga dan orang-orang terdekat untuk berwisata ke Pantai Drini supaya liburan Anda terasa lebih menyenangkan.