Mengenal Aneka Ragam Kekayaan Alam Indonesia yang Mempesona



Alam Indonesia – Negara seribu pulau dengan sejuta keindahan alam. Birunya air laut, hijaunya pepohonan, dan jernihnya air sungai menjadi ciri khas yang melekat pada Negara kita tercinta. Setiap wilayah di Indonesia memiliki iklim dan jenis kekayaan alam yang berbeda, dilihat dari letak geografis dan astronomisnya. Hal ini tentu saja mempengaruhi mata pencaharian penduduk yang tinggal di wilayah tersebut, untuk penduduk yang wilayahnya dekat dengan laut biasanya mata pencahariannya sebagai nelayan, sedangkan bagi penduduk yang wilayahnya dekat dengan gunung biasanya mata pencahariannya sebagai petani. Ragam kekayaan alam Indonesia bukan hanya memberikan keindahan tapi juga memberikan manfaat bagi penduduknya.

Setiap pulau di Indonesia memiliki jenis flora dan fauna yang berbeda-beda. Selain itu, di beberapa daerah terdapat banyak sekali sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan seperti rempah-rempah, emas, mineral, batu bara, dan lainnya. Ragam kekayaan alam Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di mata dunia. Bahkan, sejak zaman dahulu para penjajah datang ke Negara ini hanya untuk menguasai kekayaan sumber daya alam Indonesia. Potensi kekayaan alam Indonesia memang sudah terkenal di dunia, tidak heran jika banyak perusahaan asing yang berinvestasi untuk mengambil komoditi di Negara ini.



Kekayaan Alam yang Ada di Indonesia



Lautan yang Membentang Luas


Dengan kondisi geografis yang berada di antara 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, Indonesia menjadi Negara dengan kondisi laut yang sangat luas. Wajar saja jika Negara ini disebut Negara maritim karena memiliki luas laut 5,8 juta km2 , artinya ¾ dari seluruh wilayah Indonesia adalah laut dan sisanya terdiri dari kepulauan dengan total 17.506 pulau. 

Semua pulau tersebut dikelilingi 81.000 km garis pantai yang memiliki potensi ekonomi sangat besar karena hasil lautnya sangat melimpah. Banyak penduduk yang tinggal di pesisir pantai menggantungkan hidupnya dengan memanfaatkan hasil laut seperti mencari ikan, mengolah rumput laut dan lainnya.


Selain itu, laut Indonesia juga menjadi objek wisata yang mampu menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri. 

Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan laut seperti snorkeling, naik perahu, speed boat, naik kapal selam dan lainnya. Tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang terpikat dengan laut Indonesia, karena laut merupakan bagian dari ragam kekayaan alam Indonesia yang sangat indah.


Hutan dengan Jutaan Pohon


Hutan di Indonesia memiliki luas 112 juta hektar kurang lebih 57% dari total luas daratan, berarti ada jutaan pohon yang tertanam di Negara ini. Semua pohon tersebut dapat memberikan udara yang sejuk dan menjaga keseimbangan alam agar terhindar dari berbagai bencana seperti longsor, gempa bumi, banjir dan lainnya.

Ada 4 jenis hutan yang ada di Indonesia :

1. Hutan Hujan Tropis

Hutan ini berada di daerah atau wilayah yang memiliki curah hujan tinggi. Hal ini disebabkan letak geografis dan astronomis pada daerah tersebut. Beberapa wilayah Indonesia yang memiliki hutan hujan tropis adalah Sumatera, Kalimantan, Papua, Jawa, Maluku Utara dan Sumatera Utara.

2. Hutan Musim
Hutan ini berada di wilayah yang pergantian musim kering dan musim hujannya seimbang atau merata. Beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di hutan ini biasanya tumbuhan sejenis seperti hutan mahoni dan hutan jati. Selain itu, pohon-pohon yang ada di hutan musim lebih rendah dibandingkan pohon-pohon yang ada di hutan hujan tropis.

3. Hutan Bakau
Posisi hutan ini berada di wilayah yang datarannya rendah, pada umumnya berada di daerah pantai. Beberapa daerah yang terdapat hutan bakau adalah pantai utara Jawa, Riau dan pantai timur Sumatera. Jenis tumbuhan yang paling terkenal di hutan ini adalah mangrove, yang mana tumbuhan ini bermanfaat untuk melindungi pantai dari abrasi.

4. Hutan Sabana
Jenis hutan ini merupakan padang rumput yang dikelilingi semak belukar. Biasanya hutan sabana mengalami musim kemarau panjang dan memiliki suhu panas tinggi. Wilayah di Indonesia yang terdapat hutan sabana adalah Madura, Dataran Tinggi Gaya, dan Nusa Tenggara.


Fauna yang Beraneka Macam


Ragam keindahan alam Indonesia juga dapat dilihat dari hewan yang hidup bebas dan terjaga di Indonesia. Aneka fauna atau hewan yang hidup di seluruh wilayah Indonesia sangat beraneka ragam. Semua jenis fauna tersebut dibagi menjadi 3 kelompok :

1. Fauna Jenis Australis
Tipe fauna ini biasanya hidup di bagian timur Indonesia meliputi wilayah Papua dan pulau yang ada di sekitarnya. Di daerah ini terdapat jenis hewan seperti burung kakatua, burung kasuari dan burung cendrawasih.

2. Fauna Jenis Asiatis
Sedangkan untuk jenis fauna ini hidup di wilayah barat Indonesia, Selat Makasar, hingga Selat Lombok. Hewan yang hidup di daerah ini biasanya berukuran besar dan menyusui seperti harimau, badak, gajah, beruag dan orang utan.

3. Fauna Asli
Jenis hewan ini disebut sebagai hewan asli Indonesia yang hidup di bagian Indonesia Tengah meliputi wilayah Nusa Tenggara dan Sulawesi. Hewan yang hidup di wilayah ini tidak akan Anda jumpai di Negara lain karena hanya hidup di Indonesia seperti babirusa, anoa, komodo dan burung maleo.


Hasil Tambang yang Melimpah


Ragam kekayaan alam Indonesia juga dilihat dari hasil bumi yang melimpah. Selain terkenal dengan keindahannya, Indonesia juga memiliki hasil tambang yang melimpah ruah. Berikut ini beberapa jenis tambang yang ada di Indonesia :

1. Batu Bara
Barang tambang ini merupakan jenis batu fosil yang memiliki unsur karbon di dalamnya. Biasanya, batu bara digunakan untuk bahan bakar pada pabrik dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Wiayah yang paling banyak terdapat batu bara yaitu Pulau Kalimantan.

2. Minyak Bumi
Jenis tambang ini menjadi salah satu penopang perekonomian Indonesia. Minyak bumi merupakan hasil tambang yang sangat penting karena digunakan untuk bahan bakar kendaraan dan kebutuhan rumah tangga. Beberapa daerah penghasil minyak bumi yaitu Aceh, Riau, Surabaya, Cilacap, Maluku dan Papua.

3. Timah
Biasanya, timah digunakan untuk melapisi besi agar tidak korosi dan karatan. Selain itu, timah juga digunakan untuk bungkus permen, coklat, dan rokok. Indonesia menjadi Negara penghasil timah terbesar ke 4 di dunia. Daerah penghasil timah paling potensial di Indonesia ada di Pulau Bangka, Riau dan Singkep.

4. Bijih Emas
Hasil tambang ini memiliki nilai yang sangat tinggi dan sering dijadikan ladang investasi banyak orang karena nilai emas jarang menurun dan seringkali melonjak drastis. Daerah penghasil emas yang paling terkenal adalah Papua yang saat ini dikelola oleh PT Freeport. Wilayah lainnya yang juga memiliki tambang emas yaitu Sulawesi (Bolalang Mongondow), Bengkulu (Rejang Lebong), dan Kalimantan Barat (Sambas).

5. Intan
Intan merupakan hasil tambang yang berasal dari bebatuan yang sangat keras, tidak heran jika seringkali diolah menjadi mata bor karena dapat menembus lapisan yang keras. Selain itu, intan juga diolah menjadi perhiasan atau permata dengan nilai jual yang sangat tinggi. Daerah penghasil intan terbesar di Indonesia adalah Martapura di Kalimantan Selatan.


Semua keindahan alam yang ada di bumi pertiwi harus dijaga dengan baik. Sayangnya, masih banyak tangan-tangan jahil yang merusak alam demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Ayo kita lindungi dan lestarikan ragam kekayaan alam Indonesia supaya kelak generasi selanjutnya tetap bisa menghirup udara segar dari pepohonan dan menikmati keindahan alamnya.

This Is The Oldest Page