Mengolah Bumbu Spesial Tongseng yang Menghasilkan Cita Rasa Khas Indonesia


Tongseng – Buat para pecinta kuliner daging pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Kuliner khas Jawa Tengah ini umumnya terbuat dari daging kambing, tapi bisa juga menggunakan daging kerbau dan sapi. Bagian daging yang digunakan yaitu yang masih menempel pada tulang belakang dan tulang iga. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan bumbu spesial tongseng sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan enak.

Supaya terasa lebih nikmat biasanya ditambah kol, tomat, bawang putih dan kecap ke dalam kuah tongseng yang kental. Sedangkan untuk bumbu special tongseng berupa campuran bawang putih, kecap, garam, lada dan rempah-rempah pilihan lainnya. Kuliner tongseng sangat cocok jika disajikan bersama nasi putih yang hangat dan keripik emping. Jika Anda penyuka pedas, bisa tambahkan sambal ke dalam tongsengnya.



Bumbu Spesial Tongseng

 

 

Asal –Usul Tongseng

Mungkin Anda bertanya-tanya, sebenarnya dari mana asalnya tongseng? dan kenapa diberi nama tongseng?

Tongseng merupakan hasil perpaduan kultural pada abad ke 18 hingga 19, ketika itu banyak saudagar yang berasal dari Timur Tengah datang ke Nusantara (Indonesia tempo dulu) untuk berdagang. Para saudagar itu ternyata gemar menyantap daging kambing dan domba sehingga kegemaran ini mulai menular ke masyarakat lokal. Sedangkan kuahnya berasal dari air rebusan kuah gulai yang kemudian di tumis kembali. Perpaduan kuah ini dan daging kambing menghasilkan kuliner gulai yang lezat.


Kata “Tongseng” itu sendiri berasal dari kata oseng-oseng yang artinya tumis. Bisa dibilang tongseng itu memiliki arti masakan daging kambing dengan kuah tumis. Daerah yang pertama kali mengenalkan tongseng yaitu Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah. Bahkan di daerah ini terdapat monumen penjual sate dengan gerobak dan tongseng pikul. Monumen ini menjadi bukti jika masyarakat Klego sangat bangga dengan kuliner tersebut.

Resep Tongseng

Cara membuat tongseng sebenarnya tidak terlalu sulit karena bahan baku untuk membuat bumbunya mudah didapat dan proses pengolahannya juga sangat sederhana. Berikut ini resep membuat tongseng daging :

Bahan Baku :
350 gr daging (kambing, ayam, kerbau atau sapi)
2 batang serai
750 ml air
500 ml santan
5 lembar daun jeruk
1 batang kayu manis
1 ruas lengkuas
4 butir cengkeh
Garam secukupnya
2 buah tomat hijau
Kubis yang sudah diiris
6 sendok makan kecap manis
2 sendok teh lada bubuk

Bumbu yang Dihaluskan :
1 ruas jahe
1 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri
½ sendok teh jinten
½ butir pala
5 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 cm kunyit

Cara Membuat Tongseng Kambing
Pertama, panaskan minyak goreng terlebih dahulu, lalu tuangkan bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai harum. Masukan serai, lengkuas dan daun jeruk kemudian tumis hingga matang.

Tuangkan daging kambing ke dalam tumisan bumbu yang sudah matang tadi. Masak sampai bumbu benar-benar meresap ke dalam daging. Kemudian rebus air hingga matang mendidih lalu masukkan bumbu tumis dan daging ke dalam air rebusan.

Aduk terus masakan kemudian tuangkan santan secara berkala sambil mengaduk.lalu tambahkan kecap manis, garam dan lada kemudian aduk lagi sampai matang dan daging terasa empuk. Jika sudah matang, masukan irisan kubis, cabai rawit dan tomat hijau.

Perbedaan Gulai dan Tongseng

Banyak orang yang menilai jika tongseng dan gulai itu sama saja, padahal tidak. Arie Parikesit selaku pengamat kuliner menjelaskan, gulai menggunakan bahan baku berupa jeroan dan bagian kambing lainnya yang diolah dengan dicampur kuah.


Air rebusan kuah gulai ini kemudian ditambahkan bumbu tumis kembali sehingga jadilah tongseng. Penambahan bumbu tumis inilah yang membuat kuah tongseng memiliki rasa yang lebih tajam dibandingkan kuah gulai.

Perbedaan Tongseng dan Tengkleng

Kuliner lainnya yang kerap disamakan dengan tongseng adalah kuliner tengkleng. Perbedaanya, jika tongseng menggunakan daging yang masih melekat pada tulang, sedangkan tengkleng menggunakan tulangnya saja. Sedangkan bumbu dan kuah tengkleng sama dengan kuah gulai, baik dari rasa dan aromanya.


Sekarang ini sudah banyak resep tongseng sapi, resep tongseng ayam, dan resep tongseng kambing yang bisa Anda dapatkan di berbagai buku resep masakan. Pada dasarnya, bumbu spesial tongseng untuk semua jenis daging sama saja. Selain enak, tongseng juga dapat meningkatkan stamina loh.