Mengintip Cara dan Resep Pembuatan Sate Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia


Kuliner Sate – salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari daging dengan cara ditusuk kemudian dibakar. Sekarang ini, resep dan carapembuatan sate bisa Anda temukan di berbagai buku resep masakanan dan internet. Tidak heran, jika hampir semua orang bisa membuat sate khususnya, apalagi ketika hari raya Idul Adha dimana setiap orang mendapatkan jatah daging kambing dan sapi, sehingga hampir di setiap rumah pasti membuat sate.

Pada abad ke 19, sate pertama kali dijual oleh para pedangan makanan di pinggir jalan  di daerah Jawa. Dahulu, resep dan cara pembuatan sate sangat sederhana, daging hewan yang digunakan juga sangat beragam seperti kelinci, ayam, sapi, ikan, babi dan lainnya. Semua daging tersebut ditusuk kemudian dibakar menggunakan arang yang berasal dari kayu bakar sampai benar-benar matang. Walaupun saat ini sudah ada kompor, tapi sate masih tetap dibakar di atas arang karena matangnya lebih merata dan tekstur dagingnya jadi lebih empuk dibandingkan menggunakan kompor.



Cara dan Resep Pembuatan Sate Khas Indonesia



Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki jenis sate yang berbeda dengan campuran bumbu khasnya sendiri, misalnya sate Padang biasanya punya bumbu khas campuran rempah-rempah yang harus berwarna kuning kecoklatan. Beda halnya dengan sate Madura yang sudah terkenal dengan bumbu kacangnya yang lezat dan nikmat. Berdasarkan survey dari CNN, kuliner sate menduduki urutan ke 14 dari 50 makanan paling enak di dunia. Mau tahu cara dan resep sate khas Indonesia yang terkenal di dunia? Berikut ini ulasannya :

Sate Maranggi

Sate ini merupakan sate khas Sunda yang bisa Anda temukan di daerah Purwakarta, Bandung dan Cianjur. Daging yang digunakan adalah daging sapi, ayam dan kambing. Sedangkan untuk bumbunya dibuat dari tepung ketan dan pucuk bunga kecombrang. Perlu diketahui jika kecombrang mampu memberikan rasa dan aroma yang khas seperti mint. Sate ini bisa disantap dengan nasi putih ataupun ketan.

 

Sate Madura

Bisa dibilang jika sate Madura merupakan jenis sate yang paling populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, sate ini berasal dari wilayah Madura, Jawa Timur. Daging yang digunakan yaitu danging kambing dan daging ayam, wajar saja jika orang sering menyebut sate Madura dengan sebutan sate ayam atau sate kambing. Biasanya, sate ayam disajikan dengan campuran bumbu kacang, sedangkan sate kambing disajikan dengan bumbu kecap manis, irisan bawang merah, cabe rawit dan tomat.

Sate Taichan

Belakangan ini sate taichan mendadak booming, bahkan hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat penjual sate taichan. Perbedaan sate ini dengan jenis sate lainnya yaitu sate taichan hanya menggunakan daging ayam yang dicampur garam, jeruk nipis dan sambal lalu dibakar tanpa dicampur kecap dan bumbu. Kata “taichan” itu sendiri sebenarnya berasal dari celotehan orang Jepang.


Ketika itu, ada seorang penjual sate di wilayah Senayan yang kedatangan pembeli asal Jepang. Penjual sate tersebut melihat pembelinya itu melumuri sate ayam yang dibuat dengan garam, jeruk nipis dan sambal. Lalu penjual sate tersebut bertanya kepada orang jepang itu mengenai sate apakah yang mereka buat, dengan spontan orang Jepang tersebut menjawab “Taichan.”

 

Sate Lilit Ayam

Sate khas Bali ini bukan hanya disukai masyarakat Indonesia saja tapi juga disukai oleh turis mancanegara, mengingat Bali merupakan Pulau yang paling sering dikunjungi turis dari luar negeri. Ada yang unik dari sate ini yaitu menggunakan adonan yang merupakan campuran dari daging ayam, kelapa parut, garam dan bumbu halus. Adonan tersebut dililitkan pada batang serai, karena itulah disebut sate lilit. Sate ini sangat nikmat jika dihidangkan ketika masih panas dicampur dengan sambal kecap.

Sate Padang

Jenis sate ini mungkin sudah tidak asing lagi, atau mungkin Anda sendiri pernah mencobanya. Sate Padang menggunakan jeroan sapi atau kambing yang sudah direbus kemudian dipanggang. Ciri khas dari sate ini adalah bumbunya yang bewarna coklat kekuningan dengan tekstur sedikit kental yang terbuat dari campuran kaldu ayam, bubuk kari, jintan putih, lengkuas, ketumbar, kunyit, garam dan jahe.

Biasanya sate Padang dilengkapi dengan keripik pedas dan ketupat pada penyajiannya. Jenis sate Padang ini terbagi menjadi dua yaitu Padang Pariaman dan Padang Panjang, perbedaannya terletak pada rasa dan campuran bumbu kuningnya.


Hanya 2 kata untuk semua jenis sate di atas yaitu “enak banget”. Sangat disayangkan jika ada salah satu jenis sate diatas yang belum pernah Anda coba. Walaupun cara dan resep pembuatan sate di atas sangat sederhana tapi rasa satenya sangat lezat, dijamin ketagihan deh.