Menikmati Lezatnya Cita Rasa Rawon yang Mendunia


Kuliner Rawon – Indonesia memiliki banyak sekali kuliner yang khas dengan level kelezatan yang sangat tinggi. Sudah banyak makanan khas Indonesia yang kelezatannya diakui oleh dunia, salah satunya adalah rawon. Kuliner ini menggunakan bahan baku berupa daging sapi yang dipadukan dengan kuah gurih berwarna hitam. Siapapun yang mencoba cita rasa rawon yang mendunia ini pasti mau nambah terus.

Warna hitam yang ada pada kuah rawon berasal dari keluak dan campuran bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, serai, kunir, ketumbar, minyak nabati dan garam. Makanan khas Jawa Timur ini memiliki tekstur kuah yang sedikit kental dan biasa disajikan dengan nasi putih. Supaya rawon terasa lebih nikmat biasanya dilengkapi lauk tempe, empal, toge, telur asin dan kerupuk udang.


 

Cita Rasa Rawon yang Mendunia


Sejarah Rawon

Rawon sudah dikenal hingga ke mancanegara dengan sebutan black soup karena warna kuahnya yang hitam. Jika melirik sejarahnya, masyarakat Jawa Timur percaya kalau rawon ini awalnya adalah makanan para raja. Namun seiring bertambahnya waktu, kuliner rawon mulai dikonsomsi oleh masyarakat biasa sehingga menjadi terkenal hingga sekarang ini.


Sekarang ini pembuatan rawon mulai ditambahkan banyak variasi. Buka itu saja, nama rawo juga kerap kali ditambahkan dengan nama kota dan kata-kata yang unik seperti rawon malang, rawon dengkul, rawon Blora dan masih banyak lagi. Namun, apapun namanya, bahan baku utama yang digunakan rawon tetap daging sapi.


Menyicipi Kuliner Soto Terfavorit di Indonesia dari Berbagai Macam Daerah Selengkapnya : http://www.ngeksplore.com/2017/10/soto-terfavorit-di-Indonesia.html

Diantara sekian banyak nama rawon, ada satu nama rawon yang sangat terkenal yaitu rawon setan. Sebenarnya nama “rawon setan” ini berasal dari warung rawon milik Ny. Endang yang selalu buka pada malam hari. Karena menurutnya setan suka berkeliaran pada malam hari maka rawon yang ia jual dinamakan dengan rawon setan. Namun pembuatan rawon setan tidak jauh berbeda dengan pembuatan rawon asli pada umumnya.

Resep Rawon Asli
Membuat rawon sebenarnya tidak terlalu sulit, berikut ini resep rawon asli yang bisa Anda buat sendiri :

Bahan Baku Rawon
300 gr daging sapi yang sudah dipotong bentuk dadu
2 lembar daun salam
1 batang serai
3 lembar daun jeruk
Merica dan garam secukupnya
Minyak goreng
2 cm lengkuas yang sudah di geprek
6 gelas air putih

Bumbu Rawon yang Dihaluskan
2 siung bawang putih
4 siung bawang merah
2 cabe merah
5 buah bagian isi keluak
4 butir kemiri

Cara membuat rawon asli :
Tahap pertama, panaskan 2 sendok minyak goreng terlebih dahulu kemduian tumis bumbu rawon yang telah dihaluskan. Campur tumisan bumbu dengan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai tercium aroma yang harum. Lalu tambahkan garam dan merica secukupnya.

Tahap kedua, rebus 6 gelas air dalam panci sampai agak mendidih lalu tuangkan bumbu yang sudah ditumis. Tuangkan daging sapi dan rebus sampai tekstur daging terasa empuk, sajikan rawon dalam kondisi hangat.


Awalnya, rawon hanya dikenal di wilayah Surabaya saja, namun sekarang ini sudah berkembang hingga ke seluruh Indonesia. Sekarang ini hampir disetiap daerah memiliki jenis rawon tersendiri, seperti rawon Betawi, rawon Makassar, dan lainnya.



Hidangan Rawon

Selain dijual di beberapa tempat makan, rawon juga sering dihidangkan untuk berbagai acara adat, keraton, hingga sebagai hidangan untuk menyambut tamu penting dari dalam dan luar negeri. Rawon juga kerap terlihat menjadi hidangan pernikahan. Secara umum, filosofi rawon ini adalah rasa kebersamaan dari semua kalangan, tidak peduli apapun perbedaannya.

Kandungan Rawon

Perhitungan kandungan dibawah ini diambil dari 100 gr rawon yang bisa dikonsumsi 100% seluruhnya

Kandungan Energi = 60 kkal
Protein = 5,4 gr
Kandungan Lemak = 2,5 gr
Kandungan Karbohidrat = 4 gr
Kandungan Kalsium = 272 mg
Kandungan Fosfor = 153 mg
Kandungan Zat Besi = 3,3 mg
Kandungan Vitamin A = 35 IU
Kandungan Vitamin B1 = 0,09 mg

Kandungan gizi rawon di atas bisa saja berubah tergantung dari cara memasak dan campuran yang digunakan.



Sudah terbukti jika cita rasa rawon yang mendunia tidak bisa ditandingi dengan kuliner dari Negara lain. Beberapa orang menyamakan daging sapi yang ada pada rawon dengan steak, namun banyak yang membantah karena beberapa turis yang pernah mencoba mengakui jika daging sapi pada rawon jauh lebih enak dan empuk. Sayang banget kan kalau Anda belum pernah mencoba rawon..!!