Mengenal Resep Rahasia Nasi Goreng Khas Nusantara yang Mendunia


Nasi Goreng – kuliner khas Indonesia yang terbuat dari bahan baku berupa nasi dan bumbu pilihan sehingga menghasilkan rasa yang sangat enak. Bahkan, nasi goreng khas Nusantara juga menjadi salah satu makanan paling enak di dunia setelah rendang. Di Indonesia, kuliner ini sangat mudah ditemukan karena hampir setiap malam dan di setiap jalan pasti terdengar suara teriakan tukang nasi goreng yang sedang berjualan.

Sebenarnnya di setiap negara memiliki kuliner sejenis nasi goreng tapi namanya berbeda-beda seperti nasi goreng di Malaysia disebut nasi pattaya, ada juga nasi goreng di Negara Kamboja yang bernama Baicha. Namun, tetap saja nasi goreng yang diakui kelezetannya oleh dunia adalah nasi goreng khas Nusantara Indonesia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh CNN, nasi goreng Indonesia menempati posisi kedua dari 50 makanan paling enak di dunia.


 

Nasi Goreng Khas Nusantara



Cara membuat nasi goreng tidak terlalu sulit, menggunakan nasi yang tidak terlalu lembek lalu dituangkan ke atas wajan yang sudah dituangkan minyak atau margarin. Kemudian dicampur dengan kecap manis dan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, lada, asam jawa dan lainnya. Jika sudah jadi, biasanya nasi goreng dilengkapi toping berupa acar, mentimun, telur dadar iris dan kerupuk.



Sekarang ini nasi goreng memiliki banyak variasi menarik dengan tambahan bumbu dan bahan bakunya. Variasi ini biasanya tercipta melalui beberapa percobaan dan ide memasak gabungan dari beberapa resep makanan. Berikut ini beberapa jenis variasi nasi goreng yang sangat disukai dan cara membuatnya:

Nasi Goreng Pete

Bahan baku yang digunakan :
500 gr nasi putih (jangan yang lembek)
¼ suing bawang Bombay
3 papan petai, ambi bagian daging petenya kemudian digoreng sebentar
1 sendok teh kecap manis
1 sendok teh minyak wijen
2 buah cabai merah
3 siung bawang putih
Merica secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat Nasi Goreng Pete :
Haluskan cabai merah dan bawang putih dengan cara diulek atau diblender. Kemudian tumis dan campurkan bawang Bombay yang telah diiris lalu aduk hingga harum. Setelah itu, masukan nasi dan aduk secara perlahan samba dituangkan kecap manis. Masukan petai, garam dan merica secukupnya sambil diaduk lagi hingga merata. Setelah itu angkat dan hidangkan di piring

Baca Juga : Kelezatan Olahan Rendang Khas Indonesia yang Kaya Rempah dan Tradisi

Nasi Goreng Kambing

Bahan-bahan :
2 piring nasi putih
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buh cabe merah
250 gr daging kambing (sudah direbus dan dipotong tipis)
1 sdm saus tiram
2 sdm kecap manis

Cara Membuat :
Haluskan semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabe merah. Siapkan wajan lalu tuangkan minyak goreng, panaskan sebentar. Tuangkan semua bumbu yang sudah dihaluskan dan tumis sampai tercium bau harum. Masukan daging kambing yang sudah dipotong tipis dan direbus lalu aduk sampai rata, pada proses ini kecilkan api yang digunakan. Masukan nasi putih dan aduk sambil tuangkan kecap manis. Aduk sampai warna nasi tercampur rata dengan kecap. Setelah jadi, tuangkan ke atas piring dan idangkan dengan irisan tomat dan telur dadar.


Nasi Goreng Seafood

Bahan-Bahan :
Nasi Putih 700 gr
3 sdm margarin
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap asin
½ sdt garam
½ sdt lada
1 sdt minyak wijen
Udang kecil yang sudah dikupas sebanyak 100 gr
Cumi yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong bulat
4 potong bakso ikan

Cara membuat :
Panaskan margarin terlebih dahulu, kemudian tumis bawang putih sampai tercium bau harum lalu masukan udang dan cumi yang sudah dipotong-potong kemudian tumis sampai warna dagingnya berubah. Setelah itu, masukan bakso ikan sambil dicampurkan bahan lainnya seperti garam, kecap asin, saurs tiram, lada dan minyak wijen. Setelah semua bahan tercampur masukan nasi dan aduk sampai warna nasi berubah kecoklatan. Setelah jadi, angkat dan tuangkan ke piring. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan acar dan irisan tomat diatasnya.

Selain ketiga variasi diatas, ada juga nasi goreng padang yang memiliki rasa yang khas dan juga nasi goreng kampung yang tidak kalah enak dengan variasi nasi goreng lainnya. Selain enak rasanya, ternyata nasi goreng juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, yaitu :

Energi 138 kalori
Protein 1,6 gram
Karbohidrat 15,1 gram
Lemak 1,6 gram
Zat besi 0,33 miligram
Vitamin A 0 IU
Vitamin B1 0,33 miligram

Semua kandungan di atas didapatkan berdasarkan penelitian terhadap 500 gram nasi goreng. Namun, penelitian di setiap nasi goreng bisa saja berbeda atau tidak sama persis karena ada banyak factor yang dapat mempengaruhi hasil dari penelitian tersebut.

Dengan banyaknya variasi dan kandungan rempah, tidak heran jika nasi goreng khas Nusantara bisa mendunia. Bahkan, tidak sedikit juru masak dari berbagai negara yang penasaran dengan resep nasi goreng Indonesia. Sangat disayangkan jika Anda belum pernah mencoba nasi goreng sama sekali.