Pulau Tidung di Kepulauan Seribu, Sebuah Keindahan Alam di Kota Jakarta


Pulau Tidung – Walaupun dikenal sebagai kota yang penuh dengan kemacetan, ternyata kota Jakarta juga menyimpan objek wisata yang menawan, salah satunya adalah PulauTidung Kepulauan Seribu. Pulau ini menawarkan keindahan pantai yang tidak kalah dibandingkan pantai di kota-kota lainnya. Pasir yang putih, air laut yang biru dan angin pantai yang sejuk memberikan kenyamanan pada siapa saja yang datang ke pulau.



Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dipisahkan sebuah jembatan sepanjang 750 meter. Nama jembatan ini adalah Jembatan Cinta. Selain memiliki nama yang unik, bentuknya juga menarik karena memiliki lekukan pada bagian tengahnya. Dari atas jembatan cinta Anda bisa melihat keindahan laut yang menawan. Bukan itu saja, karena airnya sangat jernih maka seluruh ekosistem bawah laut bisa terlihat jelas dari atas jembatan. 


 

Pulau Tidung di Kepulauan Seribu


Hal menarik lainnya adalah menyaksikan anak-anak Pulau Tidung melompat ke laut dari atas jembatan dengan berbagai gaya, kalau mau Anda pun juga bisa ikut melompat. Tidak perlu khawatir, di bawah jembatan ini tidak terlalu banyak batu karang yang tajam dan tidak ada ombak sama sekali sehingga aman untuk loncat dan berenang. Jembatan cinta juga sering dijadikan spot untuk ajang swafoto atau foto selfie.


Wisata Pulau Tidung

Anda juga bisa menikmati wisata pulau tidung dengan bersepeda mengelilingi pulau melalui jalan setapak di pinggiran pantai. Selain itu, ada juga perkembangbiakan tanaman mangrove yang letaknya di kawasan Pulau Tidung Kecil tepat di ujung pantai. Bukan itu saja, Anda juga bersnokeling ria menikmati keindahan alam bawah laut berupa terumbu karang, ikan-ikan beraneka warna dan bentuk, tanaman laut dan lainnya.

Kalau ingin mencoba permainan air yang menguji adrenalin, Anda bisa naik banana boat dengan kecepatan tinggi. Banana boat bisa dinaiki untuk 8 orang sekaligus, sehingga sangat cocok jika dimainkan bersama keluarga tercinta. Tenang saja, permainan banana boat ini dilengkapi pelampung untuk setiap orangnya sehingga jika ada yang terjatuh ke laut tidak akan tenggelam. Tersedia juga watersport di Pulau Tidung berupa kano yang bisa digunakan untuk mengelilingi perairan Pulau Tidung tapi jangan sampai melewati batas aman ya.

Baca Juga : Melirik Pesona Keindahan Pantai Drini

Jika perut sudah terasa lapar, Anda bisa mencicipi kuliner di warung-warung sepanjang pantai Pulau Tidung, ada banyak sekali pilihan makanan dengan harga yang relatif murah. Makanan favorit para wisatawan adalah ikan bakar dan sambal kecap dilengkapi lalapan. Sedangkan minuman yang paling populer disini adalah es kelapa muda. Karena semua warung berada di tepi pantai, jadi Anda bisa makan sambil menikmati alam Pulau Tidung yang mempesona.

Penginapan di Pulau Tidung

Keindahan alam Pulau Tidung mampu menjadi magnet yang kuat, banyak wisatawan yang terpikat dengan tempat ini sehingga mereka enggan untuk pulang. Tidak heran jika banyak penginapan di Pulau Tidung selalu penuh, bahkan Anda harus reservasi dulu beberapa hari sebelum datang.

Bagi yang berminat backpacker ke Pulau Tidung, tersedia beberapa spot untuk mendirikan tenda dengan view langsung menghadap ke laut. Selain itu, pulau ini juga dilengkapi penginapan untuk rombongan atau personal dengan harga yang sangat terjangkau, karena kebanyakan tipe homestay jadi tidak ada hotel berbintang di pulau ini. Beberapa penginapan diataranya Penginapan Puri Tidung, Tidung Lagoon Sport, Penginapan Citra, Losmen Dua Saudara, Penginapan RHS dan lainnya. Silakan Anda pilih yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.


Rute Menuju Pulau Tidung

Lokasi Pulau Tidung berada di sebelah selatan KepulauanSeribu, Jakarta. Perjalanan menuju pulau ini menggunakan perahu yang bisa Anda naiki dari Muara Angke dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam. Biasanya perahu yang berangkat ke Pulau Tidung berangkat sekitar jam 7 pagi, maka dari itu sebaiknya Anda datang ke Muara Angke pagi-pagi sekali. Selain dari Muara Angke, Anda juga bisa berangkat dari Ancol. Sedangkan untuk jenis perahu yang digunakan berupa boat atau perahu mesin


Pulau Tidung di Kepulauan Seribu memang menyajikan banyak sekali keindahan yang sangat luar biasa. Daripada jauh-jauh liburan ke luar kota, toh tidak ada salahnya mencoba liburan ke pulau ini bersama keluarga tercinta.