Menyicipi Kuliner Soto Terfavorit di Indonesia dari Berbagai Macam Daerah




Kuliner Soto – Makanan yang terbuat dari kaldu, daging dan campuran sayuran ini memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia. Aromanya yang menggoda dan rasanya yang enak membuat siapapun yang mencobanya pasti ketagihan. Ada banyak sekali jenis soto terfavorit di Indonesia dengan berbagai varian rasa dan cara penyajian yang berbeda. Ada yang disajikan dengan lontong, nasi, ketupat, mie dan lainnya.

Selain itu, setiap jenis soto di setiap daerah biasanya menggunakan bahan baku yang berbeda. Namun, walaupun berbeda jenis sotonya tapi rasanya sama-sama enak loh. Beberapa macam soto terfavorit di Indonesia yaitu soto Madura, soto Betawi, soto Kudus dan masih banyak lagi. Perbedaan yang paling mencolok dari setiap jenis soto terletak pada tekstur kuahnya, ada yang kental, ada juga yang encer.



Soto Terfavorit di Indonesia


Kuliner soto dibuat menggunakan bahan baku berupa daging sapi dan ayam, terkadang ada juga yang menggunakan daging kambing. Sedangkan untuk kuahnya menggunakan rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan aroma yang khas. Mau tahu macam-macam soto yang paling populer dan terkenal di Indonesia ? berikut ulasan Ngeksplore Mania tentang berbagai macam jenis soto menurut daerahnya.

Soto Lamongan

Soto yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur ini menggunakan bahan baku berupa daging ayam kampung karena dapat mengasilkan kaldu soto menjadi lebih enak dan tidak berbau. Sedangkan pada kuahnya menggunakan bumbu koya yaitu serbuk gurih yang berasal dari bawang dan udang.


Bisa dibilang jika soto lamongan merupakan soto yang ringan karena tidak menggunakan santan sehingga tekstur kuahnya lebih bening dan cair. Anda tidak perlu pergi ke Lamongan untuk mencobanya, karena sekarang ini sudah banyak penjual soto Lamongan hampir di setiap daerah di Indonesa.



 

Soto Betawi

Jika pada soto Lamongan tidak menggunakan santan sehingga kuahnya bening, lain halnya pada soto Betawi yang menggunakan santan dan susu pada kuahnya sehingga tekstur kuahnya menjadi lebih kental dan gurih. Selain itu, soto ini juga menggunakan rempah-rempah seperti cengkeh, kapulaga dan pala yang dapat menghasilkan aroma khas yang menggoda.

Soto asal Jakarta ini memiliki ciri khas menggunakan jeroan pada bahan bakunya, terkadang juga menggunakan organ lainnya seperti hati. Biasanya soto betawi dihidangkan dengan taburan keripik emping dan acar timun di atasnya.

Soto Mie Bogor

Soto yang satu ini sudah sangat akrab dengan lidahnya orang Indonesia. Soto yang berasal dari Bogor ini menggunakan mie sebagai bahan bakunya yang paling utama. Mie yang digunakan adalah mie kuning, jika dilihat sekilas seperti mie rebus. bahan lain untuk membuat soto ini yaitu kaki sapi, urat, babat dan risoles. Penyajian soto ini biasanya menggunakan nasi. Namun karena bahan baku yang digunakan sudah cukup banyak walaupun dihidangkan tanpa nasi juga sudah sangat megenyangkan.

Soto Padang

Selain terkenal dengan satenya, ternyata Padang juga terkenal dengan kuliner soto. Bahan baku pembuatn soto padang menggunakan daging sapi. Kaldu yang dihasilkan terasa sangat gurih dan tambahan cuka di dalamnya memberikan rasa yang sedikit asam.

Aroma khas soto Padang berasal dari campuran irisan daun jeruk, serai, daun bawang dan jahe. Biasanya soto Padang disajikan menggunakan bihun dan nasi putih dalam keadaan hangat. Kuliner sangat cocok ditemani dengan kerupuk atau emping.



 

Soto Madura

Bisa dibilang jika Soto Madura memiliki isi yang lebih banyak dibandingkan soto yang lainnya. Soto ini menggunakan bahan baku berupa telur rebus, kentang goreng, daging sapi dan tauge. Selain itu, soto ini juga dilengkapi dengan babat, paru dan usus sapi. Kaldu yang dihasilkan dari daging sapi mengeluarkan aroma yang sangat nikmat. Biasanya soto Madura langsung dimakan tanpa tambahan nasi dan ketupat karena isinya sudah cukup banyak.


Soto Kudus

Soto yang namanya sudah terkenal di seluruh Indonesia ini memiliki penyajian yang sangat khas yaitu menggunakan mangkok kecil. Biasanya, soto Kudus menggunakan bahan baku berupa daging sapi dan daging ayam ditambah sedikit perasan jeruk nipis agar tidak berbau dan menghasilkan rasa sedikit asam.

Soto ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan baku dagingnya yaitu soto ayam dan soto sapi. Kedua jenis soto ini memiliki rasa yang sangat gurih dan nikmat. Jika tidak ada daging sapi biasanya diganti dengan daging kerbau. Sebagai pelengakp ditambahkan daun bawang dan tauge di atasnya.



Semua soto terfavorit di Indonesia yang sudah dijelaskan di atas sudah diakui kelezatannya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Nah.. jika Anda masih penasaran dengan rasa salah satu soto diatas sebaiknya segera dicoba deh, supaya tidak penasaran…. Selamat Mencoba..!!