Explore Keindahan dan Keunikan Danau Tolire Ternate, Maluku Utara


Danau Tolire Ternate - Keindahan wisata alam yang dimiliki Indonesia nampaknya tidak hanya terhenti di keindahan pantai atau gunung saja. Wisata alam lainnya seperti danau juga tidak kalah dengan keelokan yang dimiliki gunung atau pantai yang terdapat di bumi nusantara ini. Danau Tolire yang berada di Pulau Ternate, Provinsi Maluku Utara ini mungkin salah satu dari danau cantik yang dimiliki oleh Indonesia.

Danau Tolire Ternate yang berada persis di kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara menjadi salah satu danau yang wajib untuk dikunjungi ketika berlibur di kota Ternate.

Di lokasi utama Danau Tolire Ternate terdapat dua danau yang berbeda, yakni danau dengan ukuran yang besar bernama Tolire Besar (lamo) dan danau dengan ukuran yang kecil bernama Tolire kecil (ici). Kedua danau yang memukau ini hanya berjarak sekitar 200 meter.

Danau Tolire Ternate

Danau yang memiliki kisah mistis dibalik keindahan yang dimilikinya ini tampak terlihat bak mangkuk raksasa, yang sekelilingnya ditumbuhi oleh hutan-hutan lebat. Keadaan air yang ada di Danau Tolire endiri sangat tenang, dan warna yang dipantulkan berwarna hijau yang siap membuat kagum siapa saja yang melihatnya.

Danau Tolire Besar Ternate memiliki keunikan tersendiri dimana danau ini menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air Danau Tolire Besar memiliki kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Sementara kedalaman danau itu sendiri hingga kini tidak diketahui dan belum ada yang mengukur kedalaman danau ini hingga sekarang.


Danau Tolire Besar Ternate

Adanya kisah mistis dibalik danau cantik yang memukau ini juga tak tampak adanya kegiatan manusia satu pun seperti berenang atau memancing bahkan Danau Tolire yang ada di Ternate ini hanya bisa dinikmati dari atas. Tidak bisa disentuh seperti di danau lainnya yang bisa dirasakan dengan menaiki boat atau perahu.

Keunikan lain dari Danau Tolire yang ada di Ternate ini adalah ketika kita melempar benda ke danau, bagaimana pun kuatnya lemparan dengan menggunakan batu atau benda lain, tidak akan pernah menyentuh air danau. Padahal ketika kita melempar dari pinggir atas danau, air danau terlihat berada di bawah kaki si pelempar.

Untuk mencoba melempar batu wisatawan harus membeli batu yang dijual oleh anak-anak warga sekitar di pinggir danau seharga Rp 2.000 untuk lima biji batu. Tanpa membeli batu dari anak-anak tersebut, kita akan sulit menemukan batu untuk dilempar. Dan hingga saat ini hampir tak seorangpun yang dapat melemparkan batu-batu itu hingga menyentuh permukaan air danau.



Terlepas dari semua cerita tersebut, Danau Tolire wajib dikunjungi selain karena kecantikan dan keindahan yang mempesona dari danau ini, pemandangan sekitar Danau Tolire Ternate tidak hentinya membuat decak kagum. Happy to explore Indonesia !!